Pages

Rabu, 18 September 2013

Pembuatan Bioetanol dari Tape Singkong



Tujuan
Pada percobaan kali ini bertujuan untuk menghasilkan alkohol melalui proses fermentasi dengan menggunakan alat destilasi sederhana.

Bahan
Bahan baku  yang digunakan dalam proses fermentasi ini adalah singkong.

Cara Pembuatan

  • Tape singkong dibuat melalui proses fermentasi. ¾ kg singkong dikupas bersih kemudian dicuci dan dipotong kecil. Setelah itu singkong di parut dan di kukus hingga ¾ matang (sampai tertusuk apabila di tusuk menggunakan garpu). Kemudian singkong diangkat dan di dinginkan. 
  • Lalu disiapkan tempat makan kecil yang bersih dan di beri alat daun pisang, setelah itu ditaburkan ragi yang telah dihaluskan kedalam baskom tersebut hingga merata.
  •  Setelah singkong yang telah didinginkan itu diletakkan diatas ragi yang berada di dalam baskom tersebut, kemudian bagian atas sngkong ditaburkan lagi dengan ragi dan dilapisi lagi dengan singkong. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga singkong diletakkan secara berlapis dengan ragi. 
  • Baskom yang telah beris singkong tersebut ditutup dengan rapat menggunakan daun singkong dan kain lap, kemudian di diamkan selama 7 hari.

Pembahasan
Setelah difermentasikan selama 7 hari, ternyata tidak dihasilkan air perasan tape.
Hal ini mungkin disebabkan karena parutan singkong tersebut mempunyai kadar air yang sangat rendah sehingga ketika dikukus sebagian besar air yang terkandung di dalam parutan singkong tersebut menguap.
            
Kesimpulan 
Pada percobaan ini tidak ada alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi.

Daftar pustaka :
eprints.undip.ac.id/3674/1/makalah_bioethanol_Heppy_R.pdf
repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/35164/5/Chapter%20I.pdf
http://kimorg4a2012.blogspot.com/2012/09/pembuatan-bioetanol-fermentasi-singkong.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar